Mari berbagi informasi terbaru di sekitar kita

4 Pemuda Menaklukan Gunung Sanggabuana-Karawang

iklan disini

iklan disini

Abdul patah - Seblum saya menceritakan tentang 4 orang pemuda remaja yang suka mendaki gunung,alangkah baiknya saya menjlaskan secara singkat gunung sanggabuana yang berada di kota karawang- jawa barat.


Gunung Sanggabuna adalah gunung yang terdapat dalam wilayah Kabupaten Karawang. Secara administratif gunung ini berada di Desa Mekarbuana, Tegalwaru, Karawang, Kabupaten Karawang. Ketinggian gunung ini adalah 1291 mdpl dan merupakan gunung tertinggi dan satu satunya di Karawang.



Gunung Sangga Buana terletak di perbatasan empat kabupaten, yaitu di sebelah utara ada Kabupaten Karawang, sebelah timur ada Kabupaten Purwakarta, sebelah selatan ada Kabupaten Cianjur dan sebelah barat ada Kabupaten Bogor . Saat ini status kawasan hutan gunung Sanggabuana masuk dalam kategori hutan produksi dan sedang diusulkan menjadi hutan lindung untuk mencegah meluasnya kerusakan hutan di wilayah tersebut.



Hutan gunung Sanggabuana masih cukup terawat. Di hutan gunung ini kita masih dapat menikmati pepohonan yang tumbuh liar hingga mencapai ketinggian puluhan meter berjejer disana. Bahkan pepohonan sebesar truk yang bila kita berdiri di pangkal pohonnya akan terlihat sangat kecil dibandingkan pohonnya, masih bisa ditemui disini. Pohon kemenyan tumbuh liar di hutan gunung ini.

Di puncak Gunung Sanggabuana terdapat beberapa makam yang sering dikunjungi oleh para pejiarah. Salah satunya adalah makam Ki Sapujagat. Di puncak Gunung ini juga dapat terlihat bagian kota Karawang. Bahkan bendungan Jatiluhur yang berada di Kabupaten Purwakarta pun terlihat jelas dari puncak Gunung Sanggabuana.



Mungkin ada yang bertanya tanya berapa sih ketinggian dari gunung sanggabuana dan jalur pendakiannya seperti apa sih?

Jalur pendakian gunung lewat Karawang terbilang cukup terjal, tapi cepat dan jelas rutenya. Membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam untuk sampai ke puncaknya. Di awal jalur pendakian kita akan menemukan areal pesawahan warga dengan latar barisan bukit yang sangat indah. Selang beberapa saat setelah areal pesawahan, kita akan melewati Kampung Situ, yaitu sebuah desa terakhir yang kita jumpai yang hanya terdiri dari beberapa keluarga saja. Di desa kecil ini kita akan menemukan beberapa kuburan yang tepat berada di tengah jalan.




Setelah perkampungan kecil tersebut kita akan menemukan areal perkebunan kopi yang cukup luas. Setelah itu kita akan memasuki hutan yang tidak begitu rapat. Di tengah perjalanan kita akan menjumpai sebuah shower, dan masyarakat sekitar Gunung Sangga Buana menyebut shower ini dengan nama Pancuran Kejayan. Di sekitaran shower ini juga terdapat bangunan kecil yang biasanya dijadikan tempat berjualan ketika banyak pengunjung atau peziarah.
Mungkin sekilas tantang tentang Gunung Sanggabuana-Karawang,sekarang siapa sih di balik 4 orang pemuda yang sering mendaki gunung itu? ok saya akan sebutkan satu persatu orang-orangnya tersebut di antaranya ada 

  1. Ferry Prodigal
  2. Nawawi
  3. Dien's Bagoe's Zom's 
  4. Abdul Patah


Mungkin orang-orang yang saya sebutkan di atas bukan orang-orang yang terkenal di di dunia yang selalu menaklukan gunung-gunung yang ada di dunia,tapi 4 pemuda tersebut sudah bertead untuk slalu menjaga dan merwat gungung yang menjadi tempat berpetualang mereka di waktu libur.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya,............!


iklan disini
Tag : wisata
0 Komentar untuk "4 Pemuda Menaklukan Gunung Sanggabuana-Karawang"

Back To Top