Mari berbagi informasi terbaru di sekitar kita

Wow.., Ternyata Garam Bisa Menggantikan Detergen, Berikut Kesaksiaannya

iklan disini

iklan disini

Kurangi Polusi: Ganti Detergen Anda Dengan Garam

Sebenarnya ini berawal dari coba coba dan hanya "feeling" saja, saya meminta baju saya dicuci dengan garam saja.  Saya pikir, toh, hanya keringat saja, bukan noda berat. Ternyata hasilnya memuaskan, bajunya bersih, dan baunya 'fresh' setelah dijemur di terik matahari. 



mencuci dengan garam
Mencuci dengan garam

Dari sekian baju, tak ada satupun yang agak bau apek yang biasanya ditinggalkan deterjen pada area tertentu dari baju karena kurang terbilas dengan baik.

Lalu saya iseng google, ternyata garam juga membuat baju tidak luntur -beda dengan deterjen yang seringkali membuat baju, terutama berbahan katun, menjadi cepat kusam karena luntur.

Jadi mencuci dengan garam memberikan beberapa manfaat; bersih, bebas bakteri, tak meninggalkan bau apek, baju relatif tidak luntur, dan yang paling utama: murah, mudah dan membantu mengurangi polusi. 

 
Mencuci Baju dengan Garam
Mencuci baju dengan garam

Mari kontribusi mengurangi polusi dengan mengganti deterjen dengan garam. 

 Jika anda pernah melihat, suatu sungai yang muaranya penuh dengan busa deterjen yang sulit larut dan diurai oleh bakteri adalah sumber pencemaran air. Belum lagi industri deterjen juga membuat polusi udara dan tanah.


Cara mencuci dengan garam:

 Rendam pakaian sekitar 5 menit pada air yang dicampur garam. Satu sendok teh garam untuk sekitar tiga potong pakaian t-shirt dewasa. Kucek baju, lalu bilas. dengan air biasa. Jemur pakaian dengan dibalik terlebih dahulu. Untuk pakaian lebih tebal, misal celana jeans, rendam lebih lama, mungkins sekitar 15 

Saya tak pernah mencuci dengan garam menggunakan mesin cuci, jika anda hendak mencoba, pastikan dalam drum (bak) cuci mesin cucinya tak ada unsur logam. jika ada, bisa karat oleh garam.

Ada baiknya juga cuci dengan tangan, hemat listrik, hemat baju dari 'over-washed'

*Untuk noda agak bandel, tempelkan garam langsung pada pakaian basah, biarkan sekitar 5 menit, kucek.



Berikut komentar teman-teman yang sudah membuktikan mencuci pakai garam.....











Like and Share if you care about your Earth.

Thanks to mas hendra hendarin :) 


Artikel Menarik Lainnya:


ARTIKEL LAIN: 

 
iklan disini
0 Komentar untuk "Wow.., Ternyata Garam Bisa Menggantikan Detergen, Berikut Kesaksiaannya"

Back To Top